Mugi Pamungkas

| 26 March 2014 | 06:30



156
Dibaca
0
Komentar
2
Rating

Sistem Klik pada Pemilu Sebagai Salah Satu Cara Mengurangi Konsumsi Kertas di Indonesia


13957897661813379505

Sudah mau ke-7 kalinya Indonesia mengadakan pemilu. Di pemilu yang ke-7 ini Indonesia kembali menggunakan sistem coblos yang berbeda dengan pemilu pada tahun 2009 yang menggunakan sistem contreng. Dengan 12 partai politik Indonesia akan menentukan nasibnya pada tanggal 9 April 2014 nanti.

Di bulan yang sama, tepatnya tanggal 2 April 2014 dan 3 April 2014 di Politeknik Negeri Semarang juga terdapat pemilihan Umum. Pada tanggal 2 April 2014 Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang akan menggunakan hak suaranya untuk memilih presiden Mahasiswa dan wakilnya serta memilih anggota Badan Perwakilan Mahasiswa. Sedangkan pada tanggal 3 April 2014 Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro menentukan Lurah (ketua Umum) Himpunan Mahasiswa Elektro. Dengan menggunakan sistem yang berbeda dengan pemilu 2014. Pemilihan di Politeknik Negeri Semarang ini menggunakan sistem klik, yakni Mahasiswa tidak perlu menyoblos/menyontreng. Dengan menggunakan media elektronik ini, Pelaksana berpendapat bahwa dengan menggunakan media Elektronik bisa mengurangi penggunaan kertas.

Memang baru kedua kalinya Politeknik Negeri Semarang menggunakan sistem klik untuk Pemilihan Raya dan Pimilihan Lurah. Seperti yang di ungkapkan pelaksana sistem ini memang bertujuan untuk mengurangi konsumsi penggunaan kertas yang biasanya digunakan sebagai surat suara seperti  pemilu pada umumnya. Selain itu hasil dari pemilihan juga langsung dapat terlihat. Dan keunggulan yang paling menonjol yaitu tidak adanya suara yang rusak karena sistem ini mewajibkan pemilih untuk mengklik salah satu calon. Tetapi ada beberapa kekurangan pula pada sistem yang perlu diperbaiki. Kerahasian dari pemilih harus benar-benar terjaga karena database sangat mudah untuk disadap oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab.

Dari perbedaan yang diungkap diatas tadi. Mungkin gag yah Indonesia menggunakan sistem Elektronik pada Pemilu?

NO GOLPUT! NO APATIS!

Tags: serbaserbipemilu

Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..

Kotak Suara 2014 berisi berita dan opini warga seputar hiruk-pikuk Pemilu 2014 dengan tag "pileg2014", "pilpres2014",atau "serbaserbipemilu"

Tulis Tanggapan Anda
Guest User