Back to Kompasiana
Artikel

Politik

Politik Kita

Independent Target

Lukas Kustaryo SSH Bakal Masuk Pileg di Dapil “Neraka”

OPINI | 02 May 2013 | 09:14 Dibaca: 1465   Komentar: 0   0

13674608111233140903

Perebutan 87 kursi DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang, tetap diwarnai tokoh-tokoh ternama serta kalangan artis dari berbagai partai politik.

Di antara artis yang akan berangkat dari Dapil Jatim adalah Anang Hermansyah. Penyanyi yang juga suami Ashanty ini berangkat dari Pan. Anang mendapatkan jatah di Dapil IV Jember dan Lumajang. Bagi Pan, Dapil IV cukup strategis karena Anang berasal dari Jember.

Selain itu Pan juga akan mengusung artis ganteng Hengky Kurniawan di Dapil VI Blitar, Tulungagung, dan Kediri. Artis lain yang saat ini sudah duduk di DPR RI, yaitu Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio dari PAN dan Lukas Kustaryo SSH dari Hanura juga mencalonkan dari Dapil IX kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro

Di antara tokoh – tokoh tersebut adalah Fahman Mindiarto, Sungkono, M Noer, Mila, Totok Hariyanto, Viva Yoga Mauladi, Hendras, Taufiq Ghani, Firza Badri, Djoko Susilo, Sumartoyo, Thoriq Alkatiri, Agung Cahyono, dan Imam Sugiri. Tak hanya PAN, PKB juga akan mengusung caleg dari kalangan artis, salah satu artis yang akan menjadi Caleg DPR RI dari Dapil Jatim adalah Arzetti Bilbina.

“Untuk di DPRD Jatim, kami juga mengusung artis Puri Rahayu. Dia ini Ketua Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Jatim,” katanya. Tokoh-tokoh besar PKB juga memilih Dapil Jatim untuk maju di DPR RI, di antaranya Muhaimin Iskandar; dan Imam Nahrowi. Keduanya akan berangkat dari Dapil I Surabaya dan Sidoarjo. Tokoh lainnya adalah Djamaludin, Andi Muharti, dan Jazil. Dari PDIP juga ada Guruh Irianto Soekarno Putra dan Indah Kurnia juga akan maju melalui dapil I.

Sementara Pramono Anung yang maju melalui Dapil VI. Sedangkan dari Partai Golkar ada Priyo Budi Santoso yang maju melalui Dapil I. Caleg Partai Golkar juga akan dihiasi Caleg DPR RI baru yang sebelumnya adalah anggota DPRD Jatim, Sabron Djamil Pasaribu, Gantot Sudjo, dan Endang Sulastuty. Selain itu juga ada nama – nama besar dari Jatim, di antaranya Yusuf Khusni, Gesang Budiarso, dan Edi Budi Prabowo. Dari DPD Gerindra Jatim Soepriyatno dipastikan akan kembali berangkat dari Dapil Jatim.
Selain itu Faf Adisiswo dari Gerindera yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim, juga akan maju ke DPR RI. Nama lainnya adalah Farid Fauzi, Rasyad Manaf, dan Nizar Zahro. Tak ketinggalan, Partai Demokrat juga akan mengusung artis dan tokoh besar. Di antaranya adalah Vena Melinda yang sudah duduk di DPR RI akan kembali berangkat dari Dapil VI. Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono juga berangkat dari Dapil VII Jatim..

Sedangkan dari DPRD Jatim akan naik ke DPR RI adalah Djalaluddin Alham dan Imam Sunardhi. Caleg dari Partai Hanura Jatim Jatmiko; anggota DPRD Jatim Zairina; dan I Wayan Dendra, Jamal Aziz yang saat ini adalah anggota DPR RI dari dapil V; Soemintarsih Moentoro yang juga anggota DPR RI dari dapil VIII.

Saat enam parpol menyerahkan DCS kepada KPU Provinsi Jatim,. Enam partai tersebut adalah PPP, NasDem, PDIP, PAN, PKB, PBB, dan PKPI. Dari enam partai tersebut, dua partai yaitu PBB dan PKPI menyerahkan bakal calon legislatif (bacaleg) tidak sampai 100% dari jumlah kursi di DPRD Jatim. PBB hanya menyerahkan 56 bacaleg, yaitu 33 dari laki-laki dan 23 dari perempuan. “Dengan jumlah ini maka bacaleg perempuan kami mencapai 41%, jauh lebih banyak dari ketentuan KPU 30%,”.. Sementara itu, Anna Luthfie yang tak lain adalah adik kandung Anas Urbaningrum serta Lukas Kustaryo SSH juga di usung sebagai caleg tingkat DPR RI melalui Partai Hanura untuk  Dapil IX - Jatim , dan Ferial Naftalin yang sebelumnya anggota DPRD Jatim dari Partai Demokrat kini menjadi bacaleg dari PKB..

Karena elektabilitas partai yang naik berdasar survei sebagaimana diyakini Lukas Kustaryo SSH yakin ‘full’ bila Hanura akan memperoleh suara tiga besar dalam pemilihan umum legislatif. Apalagi, bakal Calek Hanura didominasi generasi muda dengan bobot, bebet berpotensi dan bersih.

“Melihat calon yang kami miliki, dengan tren survei dan elektabilitas yang terus meningkat dan positif, Hanura yakin dapat lolos di tiga besar kursi DPR pusat,”… Selain itu, Lukas juga menilai bahwa Hanura sudah melebihi syarat kuota 30% keterwakilan perempuan atau 36 persen Caleg Hanura merupakan kaum perempuan.

Jadi, “Bakal Caleng dari kaum laki-laki sekitar 376, perempuan sebanyak 184 berkas bakal Caleg itu target. Tapi kenyataannya, laki-laki 361 dan perempuan 199. Artinya, Hanura mendaftarkan bakal caleg perempuan sebanyak 36%, berarti hal itu sudah  melebihi yang didaftarkan dari kuota 30 persen,” ..

Hanura sebelumnya ada 560 berkas bakal Caleg dari 1656 berkas pendaftaran, atau pendaftaf yang diseleksi untuk bakal Caleg. Upaya prosess penyeleksian itu setelah mendapat masukan dari internal partai dan tokoh masyarakat.

Dan pada tingkat pendidikan yang disaring Hanura rata-rata didominasi sarjana strata satu hingga strata tiga dengan tingkat usia didominasi 40-50 tahun, jadi Calon legislatif Partai Hanura didominasi kaum muda.

“Pendidikan tamatan S1, 48% S2 28%, S3 9%, D3 5%. Dalam seleksi yang lama diberikan prioritas, dan hubungan emosional dan memiliki peranan agar dapat dipertanggungjawabkan secara intelektual,”…

Lukas Kustaryo SSH menilai, bahwa peta kekuatan politik di Jatim dalam menyambut Pileg tahun 2014 bakal ketat dan berjalan sengit. Oleh karena itu, dalam pileg ibarat memasuki Daerah Pemilihan (Dapil) ‘Neraka’. “Yang akan bertempur sangat luar biasa dan berlangsung seru. Karena itu tidak akan mungkin sekedar main-main,”… bahwa pertarungan kekuatan politik di harapkan bisa menjadi kekuatan baru partai untuk optimis dan yakin merebut kursi dan kemenangan politik 2014.

Apalagi dalam pertarungannya, Hanura beserta rekan-rekan partai selalu mendorong agar Lukas untuk sampai ke Parlemen. “Caleg Hanura harus berkualitas karena masyarakat juga butuh mereka ketika kelak menang dan dipercaya masyarakat menjadi Anggota DPR-RI,” ..

Sebelumnya, Hanura Jatim targetkan perolehan cukup signifikan pada pileg Jatim tahun 2014, optimisme itu muncul lantaran  kaum muda turut mensukseskan para caleg di jajaran legislatif tersebut.  ”Seleksinya ketat berdasarkan kualitas, popularitas dan elektabilitas”…

Disisi lain, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo (HT), tak hanya menargetkan partainya bisa mengisi tiga besar dalam perolehan suara nasional di Pemilihan Umum (Pemilu) 2014,.. “Saya malah harap Hanura menang, bukan tiga besar. Jadi kita harus menjaga predikat partai tetap bersih, kemudian bergerak untuk rakyat. Saya yakin ya mudah-mudahan bisa menang,” … Bos MNC grup ini melanjutkan, target tersebut wajar lantaran partai yang besar dengan warna coklat ini didukung dengan 36 persen kekuatan perempuan untuk pesta demokrasi tahun depan.

“Tentunya selamat kepada seluruh wanita indonesia ini emansipasi. Ini juga cukup kita manfaatkan Hanura memasukan bacalegnya hari ini ke KPU. Karena jumlah wanita yg diusung lebih dari pada kuota minimum yaitu 36 persen, ini berita baik buat para wanita indonesia,” .. Partai Hanura memastikan tidak hanya beberapa artis dan tokoh nasional yang didaftarkan sebagai bakal calon anggota legislatif (Caleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.
Salah satu nama yang ikut bergabung di luar artis dan tokoh nasional adalah adik Anas Urbaningruim, Ana Luthfie dari Dapil VI Blitar dan tokoh muda seperti Lukas Kustaryo SSH Dapil IX - Jatim.. Sekadar informasi, Partai Hanura telah menyerahkan bakal Caleg mereka ke KPU, dari total 560 yang diajukan 361 laki-laki, 199 perempuan.

Dari bakal Caleg yang diajukan, beberapa nama publik figur tercantum seperti Gusti Randa dan David Chalik, sementara dari tokoh nasional ada Lukas Kustaryo SSH dan adik kandung (Alm) Abdurrahman Wahid, Khadijah Wahid atau yang biasa disapa Lily Wahid juga ikut menjadi bakal Caleg partai besutan Wiranto ini.

Seluruh anggota DPR RI dari Fraksi Partai Hanura juga dipastikan kembali maju untuk menjadi calon anggota legislatif (Caleg) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Hal itu dipastikan setelah nama mereka terdaftar pada bakal Caleg yang diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

dari berbagai sumber..

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Cara Cermat Buang Sampah, yang Mungkin Dapat …

Tjiptadinata Effend... | | 21 October 2014 | 21:18

Tips Ibu Jepang Menyiasati Anak yang Susah …

Weedy Koshino | | 22 October 2014 | 08:18

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Ketika Rintik Hujan Itu Turun di Kampung …

Asep Rizal | | 21 October 2014 | 22:56

Ikuti Kompasiana-Bank Indonesia Blog …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:39


TRENDING ARTICLES

3 Calon Menteri Jokowi Diduga Terlibat Kasus …

Rolas Jakson | 2 jam lalu

Suksesi Indonesia Bikin Iri Negeri Tetangga …

Solehuddin Dori | 2 jam lalu

Bocor, Surat Penolakan Calon Menteri …

Felix | 3 jam lalu

Fadli Zon dan Hak Prerogatif Presiden …

Phadli Hasyim Harah... | 3 jam lalu

Pak Prabowo, Sikap Anda Merusak Isi Kepala …

Eddy Mesakh | 15 jam lalu


HIGHLIGHT

Saksi Sejarah Bangsa …

Idos | 7 jam lalu

Filosofi Kodok …

Dean Ridone | 7 jam lalu

Mirip Penyambutan Raja yang Dicintai …

Dr. Nugroho, Msi Sb... | 7 jam lalu

Cara Wanita Cerdas Memilih Calon Suami …

Nelvianti Virgo | 7 jam lalu

Fenomena Rokok pada Anak Usia Dini …

Dian Wisnu Al Afdho... | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: