Tom Artandi

| 15 April 2013 | 15:10



5139
Dibaca
52
Komentar
3
Rating

Siapakah Calon Presiden RI 2014 yang Ideal?


Pemilu Presiden 2014 sebentar lagi. Banyak harapan bahwa Mahfud MD masuk dalam bursa Calon Presiden RI 2014. Sebenarnya selain Mahfud MD ada nama-nama lain yang juga menarik perhatian masyarakat seperti Dahlan Iskan, Jusuf Kalla, Rhoma Irama dan Joko Widodo. Tetapi dari semua calon alternatip, Mahfud MD adalah calon kandidat terkuat dan disukai rakyat berdasarkan kepada keintelektualannya, integritasnya dan ketegasannya.

Untuk tiga nama yang pertama, kesulitannya adalah mereka tidak  mempunyai kendaraan politik untuk memuluskan jalannya.  Untuk nama yang terakhir, beliau baru saja menang dan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tidak etis rasanya bila tahun depan ikut pemilihan sebagai Calon Presiden 2014. Dan lagi belum tentu PDIP sebagai kendaraan politiknya mencalonkan Joko Widodo sebagai Calon Presiden 2014. Untuk Rhoma Irama  akan diulas dibawah ini.

Dalam UU Pemilu Presiden yang tidak direvisi oleh DPR itu ditegaskan bahwa hanya partai atau koalisi partai yang punya 20 persen kursi di DPR atau 25 persen dari total suara pemilih, yang bisa mencalonkan kandidat presiden. Jadi kecil kemungkinan untuk mereka yang popular dikalangan rakyat untuk bisa masuk bursa calon presiden.

Termasuk juga calon Presiden dari GERINDRA, Prabowo Subiyanto untuk bisa masuk bursa mengingat perolehan suara partainya yang kemungkinan besar tidak memenuhi syarat. Setali tiga uang, begitu juga dengan Partai Demokrat yang elektibilitasnya terus turun hingga ke titik terendah hampir mustahil untuk masuk ke bursa Calon Presiden karena dapat dipastikan perolehan suaranya jatuh.

Jadi hanya mereka dan muka-muka lama dan muka baru yang tidak diharapkan justru muncul kembali, seperti :

(1) Megawati Soekarno Putri dari PDIP beserta koalisinya

(2) Aburizal Bakrie dari GOLKAR beserta koalisinya

(3) ( Mungkin ) Prabowo Subiyanto dari GERINDRA beserta koalisinya

Sudah diuraikan diatas bahwa kecil kemungkinan Prabowo bisa masuk ke bursa Calon Presiden 2014. Tetapi bila bisa masuk maka dapat dipastikan bahwa Prabowo yang memiliki peluang paling kuat untuk memenangkan pertaruhan itu.

Khusus untuk Rhoma Irama bila memang benar bahwa beliau dicalonkan oleh Partai Politik untuk masuk bursa maka bisa jadi hasilnya akan mencengangkan. Peluang si Raja Dangdut ini paling besar kemungkinan menangnya diantara calon presiden yang lain seperti Megawati, Aburizal dan Prabowo.

Megawati Soekarno Putri hanyalah seorang ibu rumah tangga yang kapasitas sebagai pemimpin Negara sudah diketahui dengan jelas oleh publik.  Dalam kepimpinannya, BUMN yang menguntungkan justru dilepas dengan harga murah.

Rakyat Indonesia yang sekarang kesusahan karena harga gas yang terus naik dan mahal  justru gas  diberikan ke Cina dengan harga yang sangat murah. Sehingga muncul olok-olok bahwa Indonesia mensubsidi gas untuk rakyat Cina.

Begitu juga dengan Aburizal Bakrie yang tersangkut dalam lumpur Lapindo yang terkatung-katung selama bertahun-tahun penyelesaiannya. Dan bahkan berniat menyeret keuangan Negara untuk mengganti kerugian rakyat sebagai akibat dari kelalaian Lapindo.

Jadi siapa calon presiden 2014 yang ideal ? Masih gelap.

Tags: kotaksuara pilpres2014

Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..

Kotak Suara 2014 berisi berita dan opini warga seputar hiruk-pikuk Pemilu 2014 dengan tag "pileg2014", "pilpres2014",atau "serbaserbipemilu"

Tulis Tanggapan Anda
Guest User