Back to Kompasiana
Artikel

Politik

Hamdi Mochamad

Ekpresikan Diri lewat sebuah tulisan

Apakah Perang Dunia ke-3 Itu Bisa terjadi?

OPINI | 13 February 2012 | 19:55 Dibaca: 4042   Komentar: 5   0

13324749351052116600PERANG ?

Suatu kata yang begitu menakutkan yang dapat mengakibatkan malapetaka dan kesengsaraan pada umat manusia,setiap orang di dunia pasti menginginkan kedamaian dalam hidupnya. Di dunia ini pernah terjadi dua kali perang Besar dalam sejarah manusia yaitu perang Dunia I  & II yang melibatkan hampir seluruh negara.

Seperti halnya pada perang Dunia pertama dan kedua kejadian tersebut muncul yang di awali dengan sebab-sebab yang memicu kanfrontasi antar bangsa Perang Dunia I berlaku disebabkan oleh faktor politik dan ekonomi. Antara faktor politik termasuklah kemunculan nasionalisme dan sistem pakatan negara-negara Eropa, yaitu perikatan kuasa tengah dan pakatan bertiga. Faktor ekonomi pula melibatkan persaingan kuasa-kuasa besar merebut peluang ekonomi.

Pada penghujung abad ke-19, negara-negara kecil di Eropa telah bersatu dan membentuk sebuah bangsa yang lebih besar, contohnya Jerman dan Itali. Kedua-dua negara ini menyertai kuasa besar Eropa yang lain seperti Britain, Perancis, Austria-Hungary dan Rusia dalam usaha mendapatkan tanah jajahan. Nasionalisme yang kuat menyebabkan kuasa-kuasa besar ini sanggup berperang bagi membuktikan kekuasaan masing-masing. Menjelang penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20, persaingan sengit berlaku di kalangan kuasa Eropa ini akibat Imperealisme baru. Kuasa besar mula bersaing bagi membentuk lingkungan pengaruh masing-masing untuk mendapatkan bahan mentah serta untuk memasarkan barangan siap mereka.

Namun bila kita melihat keadaan sekarang,apakah keadaan saat ini mampu menimbulakan perang Episode ke-3?  tidakkah kita menyadari bahwa Kondisi Perpolitikan saat ini sedang panas-panasnya? kita dapat melihat isu-isu di dunia ini yang mampu menimbulkan konflik secara luas.

1. Mulai dari isu Timur Tengah

yakni meletusnya aksi Unjuk Rasa yang pertama kali muncul di Negara Tunisia yang merembet ke negara Mesir,hingga Libya yang menurukan rezim saat itu,dan pergolakan itu hingga sekarang belum berakhir dan masih berlanjut di Negara Suriah. Dan bila kita melihat keadaan di Suriah saat ini dimana pergolakan begitu sengit sampai saat ini dan aksi dari PBB dalam meahirkan resoulusi mengalami kegagalan setelah China Dan Rusia mem Veto resolusi untuk menghadirkan pasukan asing di suriah.

Selain itu bila kita melihat Kawasan timur tengah saat ini,saya rasa ini mampu menimbulkan Konflik Universal di dunia.Mulai dari masalah Iran,pihak barat  yang di motori Amerika serikat hingga saat ini menuduh Iran melakukan pengayaan Uraniumnya Untuk membuat senjata Nuklir yang jelas-jelas hal itu di bantah keras oleh Theran,dan berulang kali bahwa Pengayaan Uraniumnya itu Untuk tujuan damai.dan akhirnya pihak barat menjatuhkn berbagai sangsi atau embargo terhadap Iran. sebenarnya saya rasa sikap kerasnya Pihak barat terutama amerika serikat  dalam hal ini tujuannya adalah untuk melindungi Israel? kenapa demikian, karena selama ini Israel merupakan negara sekutu amerika yang paling terancam keberadaannya di timur tengah. bila memang selama ini isu nuklir yang menjadikan sikap barat begitu keras terhadap iran tentunya kenapa iran yang terlalu di gembor-gemborkan oleh Barat di bandingkan  dengan korea utara yang justru selama ini korea utara yang memiliki pergram nuklir.

2.Terjadinya perselisihan Antar negara

kita dapat melihat begitu banyak perselisihan antar bangsa di berbagai penjuru dunia. mulai dari perselisihan antara Inggris dan Argentina yang terkait isu Kepulauan Malvinas yang di sebut argentina,Kasus China yang dinilai Agresif dalam menyikapi persengketaan di laut china selatan,kemudian Korea utara-dengan korea selatan hingga saat ini masih sering terjadi perselisihan antara kedua negara.slain itu Venejuela,kuba dan iran yang tak pernah Akur dengan Amerika Serikat, Penjajahaan yang di lakukan Israel terhadap Palestina yang belum menemukan titik terang,kemudian beredar sepekulasi bahwa israel akan menyerang iran untuk menghancurkan pasilitas nuklirnya dan bila memang hal itu terjadi israel menyerang iran bukan sesuatu yang tidak mungkin Hizbullah yang ada di lebanon dan Hamas yang ada di palestina ikut membantu iran,dan tentunya amerika tidak akan pernah Absen dalam hal ini untuk ikut menyerang,dan bila memang amerika juga ikut terlibat bukanlah sesuatu yang tidak mungkin juga bagi Rusia dan China yang memiliki kepentingan yang besar di Iran untuk tidak tinggal diam bila negara yang mereka punya kepentingan besar didalamnya diserang oleh pihak asing. Dan isu yang terhangat adalah Sikap Agresif  NATO yang ingin memasang Anti rudal di Negara Anggota Nato yang dekat Berbatasan dengan Rusia yaitu Lithuania dan polandia dalam hal ini membuat kemarahan Rusia yang menganggap bahwa perisai rudalnya itu akan menjadi ancaman bagi Rusia, dalam hal ini rusia pun  akan mengancam keluar dari perjanjian pembatasaan kepemilikan senjata Nuklir dengan Amerika serikat setelah keinginan Rusia agar Nato membuat Perjanjian tertulis bahwa perisai rudalnya itu tidak di tujukan ke Rusia  yang akhirnya NATO pun tidak menyetujuinya, tentunya hal ini mengandung tanda tanya untuk apa perisai rudal tersebut?

3. apakah ada perpecahaan Di DK PBB dan hilangnya kepercayaan pada lembaga internasional tersebut?

dalam hal ini mulai dari masalah yang terjadi di Suriah dimana Lembaga PBB ingin menghadirkan resolusi guna menumbangkan rezim Assad dan mengendalikan situasi si suriah dengan mengahadirkan pasukan asing di suriah ternyata di tentang Oleh China dan Rusia yang memiliki hak veto tetap di PBB. hal ini tentunya sudah membuat gagal dari sebuah resolusi yang akan di hasilkan dan dampaknya akan muncul ketidakpercayaan di kalangan dunia internasional. dan bila kita melihat lebih jauh kenapa sebenarnya China dan Rusia mem Veto terkait rancangan resolusi yang di buat untuk suriah, karena dalam hal ini Rusia dan China ingin memerankan politiknya sebagai negara yang besar yang ingin mengimbangi,karena selama ini China menilai terlalu arogan sikaf BArat dalam menanggapi tentang isu-isu internasional.

4.Munculnya Negara-negara Besar

Sudah tidak di Ragukan lagi bahwa saat ini Rusia,China dan India menjadi sosok negara yang besar dan kuat. China yang merupakan negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tetinggi saat ini dan produk-produknya sudah menjelajah di tiap negara dan memiliki postur Militer yang kuat hingga saat ini China tecatat memiliki Lebih dari 2 juta personil militernya yang melebihi amerika serikat,tentunya hal ini akan membuat amerika serikat khawatir dengan perkembangan china saat ini,tak jaran timbul perselisihan antara china dan amerika serikat mulai dari masalah Taiwan yang hingga saat ini China masih menganggapnya sebagai negara bagiannya ternyata Amerika berada di balik taiwan ini terbukti dengan sikap amerika yang memberi dukungan terhadap taiwan dengan menjual peralatan militer pada taiwan yang membuat China gerang dengan sikap amerika,tidak hanya pada kasus itu ternyata amerika juga memberikan begitu banyak perhatiannya pada negara-negara yang potensial memilik konflik dengan china seperti vitnam,filipina. dalam hal ini lagi-lagi amerika mengunakan jurus andalannya dengan memberikan bantuan militer pada negara-negara tersebut seperti pada vietnam dengan melakukan latihan perang bersama,seperti yang kita ketahui bahwasanya vietnam merupakan negara yang sama-sama mengkalim perbatasan wilayahnya di laut china selatan bersama Filipina,malaysia yang berbatasan langsung dengan laut tersebut. dan pada Filipina amerika juga memberikan perhatian khusus pada negara tersebut dengan rencana akan mengHibahkan 2 kapal perangnya untuk memperkuat militer filipina dan  tak kurang dari itu amerika pun berencana untuk menempatkan Personil militernya di negara tersebut. disini kita melihat bahwasanya amerika sudah melakukan hal-hal untuk mengantisipasi perkembangan China mulai dari menigkatakan Pokus militernya di kawasan asia Pasific, termasuk dengan menempatkan ribuan personilnya di pangkalan militer yang ada di Darwin,australia.

5. apakah akan muncul negara yang bersekutu seperti Blok barat dan Blok timur pada masa perang Dunia I & II?

mulai dari masalah tidak kompaknya dalam memunculkan Resolusi terhadap Suriah yang di khawatirkan terjadi perpecahaan Di Dewan Keamanaan Anggota tetap PBB dimana terdapat Amerika,Rusia,Perancis,Inggris dan china. selama ini China dalam menanggapi kasus-kasus internasional  hampir selalu Condong dan sejalan dengan Rusia selain itu  Inggris,perancis hampir selalu sejalan dengan Amerika serikat. apa bila hal ini terjadi terus menerus di antara anggota lembaga Dewan keamanan PBB bukanlah sesuatu yang tidak mungkin akan menimbulkan konflik di antara negara tersebut dan pada akhirnya tiap negara akan memilih untuk bersekutu dengan anggota yang lainnya.bahkan memang di luar DK PBB Amerika,inggris,prancis sudah Bersekutu dalam perserikatan pakta pertahanan atlantik utara (NATO). dan Rusia dan China sudah memiliki kedekatan khusus selama ini  melakukan kerjasama di Bidang Pertahanan seperti dengan mengembangkan Zet tempur  shukoy Rusia yang di sulap jadi J-20 oleh china yang menjadi andalan pertahanaannya. dengan melihat tanda-tanda tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika perang dunia episode ke-3 terjadi lagi di bumi ini.dan Bagaimana pun juga perang bukanlah sesuatu yang di inginkan oleh setiap manusia,karena setiap orang menginginkan kedamaian.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Emak, Emang Enak Nunggu Kereta Sambil …

Masluh Jamil | | 27 November 2014 | 05:41

BBM Naik, Pelayanan SPBU Pertamina …

Jonatan Sara | | 27 November 2014 | 01:16

Nangkring bareng Litbang Kementerian …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 19:25

Munas Golkar Tak Diijinkan di Bali Pindah …

Akhmad Sujadi | | 27 November 2014 | 00:00

Ikuti Lomba Resensi Buku “Revolusi …

Kompasiana | | 08 November 2014 | 15:08


TRENDING ARTICLES

Menteri Dalam Negeri dan Menko Polhukam …

Hendi Setiawan | 10 jam lalu

Menguji Kesaktian Jokowi Menjadi Presiden RI …

Abdul Adzim | 11 jam lalu

Kisruh di Partai Golkar, KMP Pun Terancam …

Adjat R. Sudradjat | 11 jam lalu

Riedl: Kekalahan Dari Filipina Buah Dari …

Hery | 13 jam lalu

Maaf Anang, Aurel Tak Punya Suara dan Aura …

Arief Firhanusa | 17 jam lalu


HIGHLIGHT

Museum Basoeki Abdullah …

Agung Han | 8 jam lalu

Prabowo Seharusnya Menegur Kader Gerindra …

Palti Hutabarat | 8 jam lalu

Yummy, Manis krenyez krenyez Meringue avec …

Imam Hariyanto | 9 jam lalu

Kiprah Ibu-Ibu Masyarakat Biasa di Tangerang …

Ngesti Setyo Moerni | 9 jam lalu

Potret Susi Pujiastuti Wanita Indonesia yang …

Imam Kodri | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: